IMG-20160614-WA0039

    Photo : Ti ilegal di Pangkal Arang

    MAPIKOR–Para oknum pelaku tambang inkonvensional yang menjalankan aktifitas tambang inkonvensional (TI) rajuk di kawasan daerah aliran sungai (DAS) Pangkal Arang, Pangkal Balam kota Pangkalpinang terkesan ‘kebal hukum”. 

    Pasalnya sampai saat ini aktifitas tambang ilegal tersebut masih saja beroperasi, padahal sebelumnya aktifitas TI rajuk di kawasan setempat dilakukan penertiban oleh pihak aparat penegak hukum termasuk oleh pihak Makodim 0413 Bangka dan kepolisian.

    Namun sebaliknya penertiban yang dilakukan oleh tim aparat gabungan tersebut justru seolah-olah tak dianggap oleh segelintir oknum pelaku pemilik tambang tersebut. 

    Bahkan pantauan Mapikor di lapangan, Selasa (14/6/2016) siang tampak sekitar puluhan TI rajuk terlihat masih beroperasi di sepadan kawasan DAS lingkungan setempat.

    Raung suara yang berasal dari mesin TI rajuk terdengar cukup jelas jika didengar dari jarak sekitar 10 meter. Kegiatan puluhan TI rajuk itu terletak cukup dekat dari pemukiman warga termasuk mesjid yang berada di sekitar di lokasi setempat.

    Siang itu pun terlihat sejumlah para pekerja sibuk dengan kesibukanya masing-masing, selain itu pemandangan yang terlihat di sekitar lokasi setempat tampak pohon-pohon bakau luluh lantak termasuk aliran sungai pun kini porak poranda dihajar puluhan ponton TI rajuk di lokasi itu.

    Sementara Kabid Humas Polda Bangka Belitung, AKBP A Mun’im ketika dikonfirmasi Mapikor, Senin (13/6/2016) justru tak banyak komentar lebih jauh, sebaliknya dirinya malah balik bertanya seputar wilayah hukum kegiatan TI ilegal tersebut.

    “Saya teruskan ke yang punya wilayah. Itu masuk wilayah perairan ya,” jawab mantan Kapolres Kerinci itu singkat melalui pesan singkat (sms) yang diterima Mapikor saat itu.

    Keberadaan atau aktifitas puluhan TI rajuk di kawasan Pangkal Arang, Pangkal Balam itu menurut sumber yang enggan disebutkan identitasnya justru sudah berlangsung lebih dari 3 bulan, bahkan menurut sumber itu kepada Mapikor kegiatan TI rajuk di lokasi setempat terkesan semakin marak.

    “Infonya sih aktifitas TI rajuk di lokasi itu dibekingi oknum aparat juga. Sebab logikanya mana mungkin berani terang-terangan beroperasi di situ jikalau tidak ada yang membekinginya,” ujar sumber itu. (Rhena)

    Categories: DAERAH BICARA

    Leave a Reply


    Featured Video

    DI DUGA KUAT ALEX...

    Posted on Oct - 5 - 2017

    0 Comment

    “PETUGAS PLN MEL TAMONOB...

    Posted on Oct - 5 - 2017

    0 Comment

    DUGAAN KUAT ADANYA BERBAGAI...

    Posted on Jul - 7 - 2017

    0 Comment

    Memperingati Hut Ke 14...

    Posted on May - 2 - 2017

    0 Comment

    Sekda Yan Megawandi Ajak...

    Posted on Nov - 3 - 2016

    0 Comment

    DANREM TINJAU GLADI UPACARA...

    Posted on Oct - 4 - 2016

    0 Comment

    Ribuan Besi “Banci” Di...

    Posted on Oct - 9 - 2015

    0 Comment

    Twitter updates

    No public Twitter messages.

    Sponsors

    • Reliable web hosting from WebHostingHub.com.
    • Domain name search and availability check by PCNames.com.
    • Website and logo design contests at DesignContest.com.
    • Reviews of the best cheap web hosting providers at WebHostingRating.com.